Dimensi Kualitas Pelayanan |
Menurut Journal of Retailing and Consumer Services 21 (2014) 118–129 mengidentifikasikan service quality memiliki 5 dimensi utama yaitu :
- Fungctionality
Meliputi seluruh fungsi daripada pelayanan yang ada dalam perusahaan termasuk juga proses pelayanan, dengan indikatornya sebagai berikut :
(1) mendapat pelayanan perusahaan dalam waktu singkat
(2) Proses pelayanan di perusahaan sudah membantu
(3) Menggunakan pelayanan di perusahaan membutuhkan sedikit usaha
(4) mendapatkan pelayanan yang lancar di dalam perusahaan
(5) Pelayanan yang diberikan perusahaan bebas dari kesalahan
- Enjoyment
Meliputi kemudahan dalam penggunaan layanan serta informasi untuk menggunakan pelayanan, dengan indikatornya sebagai berikut :
(1) Pengoperasian dari pelayanan dalam perusahaan menarik
(2) merasa senang atas pelayanan dari perusahaan
(3) pelayanan memberikan fungsi pelayanan tambahan yang menarik
(4) Pelayanan menyediakan informasi harga yang relevan
- Assurance
Meliputi citra dan reputasi perusahaan terhadap pelayanannya, memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan
- Design
Meliputi tingkat kemenarikan pelayanan dan teknologi pelayanan,yaitu memakai teknologi yang terkini, dengan indikatornya sebagai berikut :
(1) Tata letak pelayanan menarik secara estetika
(2) Pelayanan menggunakan teknologi terkini
- Convenience
Meliputi kenyamanan pelayanan dalam perusahaan, dengan idikatornya sebagai berikut :
(1) Sistem layanan dapat dioperasikan kapan saja
(2) Sangat mudah dan nyaman untuk mencapai pelayanan dalam perusahaan
EmoticonEmoticon