Pengukuran Loyalitas Pelangan |
Meurut Hasan (2013:139) belum ada kesepakatan tentang ukuran-ukuran yang seharusnya digunakan untuk mengukur loyalitas, namun berbagai cara yang dilakukan adalah sebagai berikut:
Baca Juga: Manfaat Loyalitas Pelanggan
- Loyalitas pelanggan dapat ditelusuri melalui ukuran-ukuran seperti defection rate, jumlah dan kontinuitas pelanggan inti, longevity of core customers, dan nilai bagi pelanggan inti.
- Data loyalitas diperoleh dari umpan balik pelanggan yang dapat dikumpulan melalui berbagai cara seperti dengan menggunkan observasi akif dan pasif, kartu dan kotak saran, saluran telepon bebas pulsa, survei.
- Lost customer analysis, analisis non-pelangan, masukan dari karyawan lini depan, masukan dari distributor atau pengecer, wawancara individual secara mendalam.
- Menganalisia umpan balik dari pelanggan, mantan pelangga, non-pelanggan, dan pesaing
EmoticonEmoticon